Kamis, 05 Februari 2015

Apa Itu Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang mengakibatkan menghilangnya sebagian ingatan seseorang dan pada perilaku serta cara berpikir mereka. Kesehatan jaringan otak pada penyakit ini dapat menurun yang disebabkan karena adanya kemampuan mental dan daya ingat mengalami suatu penurunan.
Seseorang yang mengalami Penyakit Alzheimer akan mengalami masalah dengan penilaian, ingatan dan cara berpikir serta sangat sulit bagi penderita untuk melakukan beberapa aktivitas atau pekerjaan dalam kehidupan sehari-harinya. Alzheimer ini bukan hanya bagian dari proses penuaan yang normal akan tetapi selama bertambahnya usia maka nilai  risikonya akan begitu meningkat. Walaupun penyakit ini belum ada pengobatannya, maka dengan adanya perawatan dapat memperbaiki kualitas kehidupan bagi penderita Alzheimer. Selain itu juga, penderita Penyakit Alzheimer sangat membutuhkan kasih sayang dari keluarga dan kerabat dekat serta memberikan sebuah dukungan atau motivasi.

Ada beberapa gejala yang kemungkinan akan sering ditunjukkan pada penderita penyakit alzheimer, seperti :
  • Mempunyai masalah dalam berbahasa dan berkomunikasi dengan baik, seperti misalnya tidak dapat memahami arti kata-kata umum. Merasa sulit dalam menemukan kata yang tepat dalam menyampaikan pemikiran ketika terlibat dalam suatu pembicaraan, yang pada akhirnya akan memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca dan menulis.
  • Kehilangan ingatan ( atau lupa dengan hal-hal apa saja yang baru dialami ), kurang adanya motivasi dan tidak teratur pola tidur normal.
  • Tidak mampu mengikuti beberapa petunjuk atau arahan dari orang-orang sekitar.
  • Terasa sulit dalam mengerjakan aktivitas atau kebiasaan sehari-hari yang membutuhkan langkah-langkah berkelanjutan dalam proses penyelesaian, contohnya seperti mandi, makan, berpakaian, memasak dan lain sebagainya.
  • Merasa kebingungan, misalnya saja tidak dapat mengingat secara pasti dimana dia bisa sampai disana dan tersesat ketika sedang bepergian.
  • Adanya gangguan memori dan cara berpikir. Penderita penyakit Alzheimer ini begitu sulit untuk mengingat informasi baik itu informasi baru maupun bersifat pribadi, seperti halnya mengenai nama-nama anggota keluarga ataukah kerabat dekatnya, pekerjaan dan juga tempat tanggal lahir.
  • Adanya perubahan terhadap perilaku dan kepribadian, seperti menjadi sosok pendiam, mudah tersinggung atau kecewa dan marah, kadang-kadang merasa ketakutan atau paranoid, dan juga memiliki sikap keras kepala yang meningkat, depresi serta agresif.
Penyakit alzheimer ini sulit untuk disembuhkan. Karena penyebab penyakit alzheimer belum diketahui pasti dan saat ini belum ada bukti yang menunjukkan bahwa adanya pencegahan pada penyakit tersebut. Namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari gangguan tersebut yakni dengan melakukan tindakan pencegahan sebagai berikut :
  • Memperbanyak kegiatan di luar rumah atau aktivitas di luar rumah.
  • Memastikan bahwa tekanan darah tetap dalam keadaan normal.
  • Rutin berolahraga dan pola makan yang sehat.
  • Kurangi dan hindari makanan yang berlemak tinggi dan makanan yang banyak mengandung asam linoleat.
  • Konsumsi buah-buahan dan sayuran
  • Tidak meminum minuman beralkohol dan berhenti merokok.
Baca juga artikel lainya obat herbal penyakit alzheimer

0 komentar:

Posting Komentar